Pengertian Henti Jantung Mendadak

Pengertian Henti Jantung Mendadak

Tiba-tiba serangan jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tiba-tiba dan tak terduga berhenti berdetak. Jika ini terjadi, darah berhenti mengalir ke otak dan organ vital lainnya.Seranagan jantung biasanya menyebabkan kematian jika tidak diobati dalam hitungan menit.

Untuk memahami henti jantung mendadak, ada baiknya memahami bagaimana jantung bekerja. Jantung memiliki sistem kelistrikan yang mengontrol laju dan irama detak jantung. Masalah dengan sistem kelistrikan jantung bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur disebut aritmia.

Ada banyak jenis aritmia. Selama aritmia, jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau dengan ritme yang tidak teratur. Beberapa aritmia dapat menyebabkan jantung berhenti memompa darah ke tubuh – aritmia ini menyebabkan SCA.

SCA tidak sama dengan serangan jantung. Serangan jantung terjadi jika aliran darah ke bagian otot jantung tersumbat. Selama serangan jantung, jantung biasanya tidak tiba-tiba berhenti berdetak. SCA, bagaimanapun, mungkin terjadi setelah atau selama pemulihan dari serangan jantung.

Orang yang memiliki penyakit jantung beresiko tinggi terhadap SCA. Namun, SCA bisa terjadi pada orang yang tampil sehat dan tidak mengenal penyakit jantung atau faktor risiko lainnya untuk SCA.

Pandangan

Kebanyakan orang yang memiliki henti jantung mendadak meninggal karenanya – seringkali dalam hitungan menit. Pengobatan henti  jantung  mendadak  dengan defibrilator cepat bisa menyelamatkan nyawa. Defibrillator adalah alat yang mengirimkan sengatan listrik ke jantung untuk mengembalikan ritme normal.

Defibrillator eksternal otomatis (AEDs) dapat digunakan oleh pengamat untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang memiliki henti jantung mendadak . Perangkat portabel ini sering ditemukan di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, lapangan golf, bisnis, bandara, pesawat terbang, kasino, pusat konvensi, hotel, tempat olahraga, dan sekolah.

Apa Penyebab Jantung  Berhenti Mendadak?

Fibrilasi ventrikel (v-fib) menyebabkan sebagian besar serangan jantung mendadak (SCA). V-fib adalah sejenis aritmia.

Selama v-fib, ventrikel (ruang bawah jantung) tidak berdetak normal. Sebaliknya, mereka bergetar sangat cepat dan tidak beraturan. Bila ini terjadi, jantung memompa sedikit atau tidak ada darah ke tubuh. V-fib berakibat fatal jika tidak diobati dalam beberapa menit saja.

Masalah lain dengan sistem kelistrikan jantung juga bisa menyebabkan Jantung  Berhenti Mendadak. Misalnya, SCA dapat terjadi jika laju sinyal listrik jantung menjadi sangat lambat dan berhenti. Jantung  Berhenti Mendadak  juga bisa terjadi jika otot jantung tidak merespons sinyal listrik jantung.

Penyakit dan kondisi tertentu dapat menyebabkan masalah listrik yang menyebabkan Jantung  Berhenti Mendadak . Contohnya termasuk penyakit jantung koroner (PJK), juga disebut penyakit arteri koroner; Tekanan fisik yang parah; Gangguan warisan tertentu; Dan perubahan struktural di hati.

Beberapa studi penelitian sedang dilakukan untuk menemukan penyebab pasti SCA dan bagaimana mencegahnya.

Penyakit Jantung Koroner

PJK adalah penyakit dimana zat lilin disebut plak (plak) terbentuk di arteri koroner. Arteri ini memasok darah kaya oksigen ke otot jantung Anda.

Plak menyempit arteri dan mengurangi aliran darah ke otot jantung Anda. Akhirnya, area plak bisa pecah (break open). Hal ini dapat menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak.

Gumpalan darah sebagian dapat atau sepenuhnya menghalangi aliran darah kaya oksigen ke bagian otot jantung yang diberi makan oleh arteri. Hal ini menyebabkan serangan jantung.

Selama serangan jantung, beberapa sel otot jantung mati dan diganti dengan jaringan parut. Jaringan parut merusak sistem kelistrikan jantung. Akibatnya, sinyal listrik bisa menyebar secara tidak normal ke seluruh jantung. Perubahan pada jantung ini meningkatkan risiko aritmia berbahaya dan SCA.

PJK tampaknya menyebabkan sebagian besar kasus SCA pada orang dewasa. Banyak orang dewasa ini, bagaimanapun, tidak memiliki tanda atau gejala PJK sebelum melakukan SCA.

Stres Fisik

Beberapa jenis stres fisik dapat menyebabkan sistem kelistrikan jantung Anda gagal. Contohnya meliputi:

Aktivitas fisik yang intens. Hormon adrenalin dilepaskan saat aktivitas fisik berlangsung. Hormon ini bisa memicu Henti Jantung Mendadak pada orang yang memiliki masalah jantung.

Sangat rendah kadar potasium atau magnesium dalam darah. Mineral ini memainkan peran penting dalam sinyal listrik jantung Anda.

Kehilangan darah utama

Kurangnya oksigen parah

Gangguan Warisan

Kecenderungan untuk memiliki aritmia berjalan di beberapa keluarga. Kecenderungan ini diwariskan, yang berarti itu diwariskan dari orang tua kepada anak-anak melalui gen. Anggota keluarga ini berisiko lebih tinggi terhadap Jantung  Berhenti Mendadak.

Contoh kelainan bawaan yang membuat Anda lebih mungkin mengalami aritmia adalah sindrom QT yang panjang (LQTS). LQTS adalah gangguan aktivitas listrik jantung. Masalah dengan pori-pori mungil di permukaan sel otot jantung menyebabkan kelainan tersebut. LQTS dapat menyebabkan irama jantung yang tiba-tiba, tak terkendali dan berbahaya.

Orang yang mewarisi masalah jantung struktural juga berisiko tinggi terkena SCA. Jenis masalah ini sering menjadi penyebab Jantung  Berhenti Mendadak pada anak-anak.

Perubahan Struktur di Jantung

Perubahan ukuran atau struktur normal jantung dapat mempengaruhi sistem kelistrikannya. Contoh perubahan tersebut meliputi pembesaran jantung akibat tekanan darah tinggi atau penyakit jantung lanjut. Infeksi jantung juga bisa menyebabkan perubahan struktural di jantung.

Siapa yang Beresiko untuk Penangkapan Jantung Mendadak?

Risiko Serangan Henti Jantung Mendadak Meningkat:

Dengan usia

Jika Anda seorang pria. Pria lebih mungkin dibandingkan wanita yang memiliki SCA.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang kulit hitam – terutama mereka yang memiliki kondisi mendasar seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan penyakit ginjal kronis atau temuan jantung tertentu pada tes seperti elektrokardiogram – memiliki risiko lebih tinggi untuk SCA.

Faktor Risiko Utama

Faktor risiko utama SCA adalah penyakit jantung koroner. Kebanyakan orang yang memiliki SCA memiliki beberapa jenis penyakit jantung koroner; Namun, banyak orang mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit jantung koroner sampai terjadi SCA. Biasanya penyakit jantung koroner mereka “diam” -yaitu, tidak ada tanda atau gejala. Karena itu, dokter dan perawat belum mendeteksinya.

Banyak orang yang memiliki henti jantung mendadak  juga mengalami silent, atau tidak terdiagnosis, serangan jantung sebelum serangan jantung mendadak terjadi. Orang-orang ini tidak memiliki tanda-tanda serangan jantung yang jelas, dan mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Baca lebih lanjut tentang faktor risiko penyakit jantung koroner. Obat Jantung Bocor

Faktor Risiko Lainnya

Faktor Risiko Lainnya Untuk Henti Jantung Mendadak Meliputi:

  • Riwayat aritmia pribadi
  • Riwayat keluarga atau keluarga SCA atau kelainan bawaan yang membuat Anda rentan terhadap aritmia
  • Penyalahgunaan narkoba atau alkohol
  • Serangan jantung
  • Gagal jantung

Khasiat dan Kandungan Buah Sawo

Khasiat dan Kandungan Buah Sawo

Buah Sawo merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di negara kita. Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging coklat. Buah ini memiliki cita rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. Sawo memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah Sawo memiliki banyak kandungan air yang cocok untuk dijadikan makanan penutup buah segar.

sawo

Kandungan Gizi Buah Sawo

  1. Vitamin A : 60 IU
  2. Vitamin B1 : 0,01 mg
  3. Kalsium : 25 mg
  4. Fosfor : 12 mg
  5. Zat besi : 1 mg
  6. Vitamin C : 21 mg
  7. Energi : 92 kkal
  8. Protein : 0,5 gr
  9. Lemak : 1,1 gr
  10. Karbohidrat : 22,4 gr

Buah Sawo juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Buah ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, protein nabati, zat besi, kalori, karbohidrat dan flavonoid yang baik untuk wanita hamil dan janin. Disini kita jelaskan manfaat makan Sawo bagi kesehatan dan wanita hamil yang ada banyak manfaatnya, berikut ini adalah :

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Konsumsilah makanan dengan banyak kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga tulang kita tetap tua. Kesehatan tulang merupakan salah satu aset penting bagi kita usia tua.

  • Sebagai Obat Untuk Diare

Cara menggunakan sawo sebagai obat untuk diare adalah dengan menggunakan 15 tetes sapodilla yang masih muda. Diseduh dengan menggunakan setengah gelas air panas. Anda bisa meminumnya setelah air hangat atau dingin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sapodilla sebagai obat diare dengan mencuci sapodilla sampai bersih lalu scarify dan meremasnya. Sambil minum jus sapodas Anda bisa mencampurnya dengan air matang dan minum 2 kali sehari.

  • Mengatasi Sariawan

Sapodilla mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya adalah sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, ada baiknya Anda menjaga kesehatan mulut Anda dengan baik dimana salah satunya adalah dengan rutin menyikat gigi 2 sampai 3 kali sehari. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat.

  • Bagus Untuk Kesehatan Gigi

Buah sawo sangat bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Buah yang satu ini memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang kuat dan sehat mencegah Anda dari keropos tulang atau osteoporosis.

Itulah yang dapat Kami sampaikan semoga bermanfaat.

Berikut Tentang Penjelasan Tes Spirometer

Pada dasarnya cara untuk mendeteksi penyakit asma adalah berpatokan pada 3 komponen utama yaitu pemeriksaan fisik, riwayat medis serta hasil dari tes pernapasan. Tingkat keparahan penyakit asma sendiri dibedakan menjadi 4 tingkatan yaitu penyakit asma intermiten, ringan, sedang dan berat.

jual spirometer minato

Adapun beberapa gejala umum dan tanda-tanda penyakit asma yang bisa didiagnosa adalah:

  1. Mengi ( kondisi dimana seseorang pada waktu bernafas akan mengeluarkan bunyi )
  2. Batuk ( umumnya orang yang menderita asma akan mengalami batuk berdahak )
  3. Terasa sesak nafas di dada yang bisa dilihat saat melakukan olahraga atau aktifitas berat lainnya.

Pemeriksaan fisik biasanya akan difokuskan pada saluran pernapasan bagian atas, dada dan kulit. Seorang dokter akan memakai stetoskop ketika memeriksa dan mendengarkan tanda-tanda asma di paru-paru ketika pasien bernapas. Salah satu tanda utama dari saluran pernafasan yang terhambat oleh asma adalah munculnya bunyi seperti orang bersiul (mengi) saat menghembuskan nafas.

Gejala fisik memang terkadang tidak selalu nampak pada penderita asma. Namun biasanya dokter akan tetap memeriksa bagian kulit untuk memastikan gejala yang mungkin terjadi seperti eksim dan gatal-gatal yang telah dihubungkan dengan asma.

Langkah selanjutnya dokter akan melakukan tes fungsi paru-paru, guna mengukur berapa volume dan kecepatan udara yang dihirup dan dilepaskan. Tes yang dinamakan spirometri ini akan menggunakan alat bernama spirometer, diantara jenis dan merk spirometer yang sering dan paling banyak digunakan ada merk minato. Dan saat ini sudah banyak toko alat kesehatan yang jual spirometer minato ini.

Ketika melakukan tes Spirometri anda diharuskan untuk mengambil napas sedalam mungkin lalu menghembuskan napas secara paksa ke dalam sebuah selang yang tersambung ke mesin spirometer.

Pada tes spirometer nantinya akan menunjukan 2 hasil pengukuran yaitu:

  1. Volume vital paksa (FVC) – jumlah terbesar udara yang dapat dihirup dan dihembuskan.
  2. Volume ekspirasi paksa (FEV-1) – jumlah maksimal udara yang bisa dihembuskan per detiknya.

Beberapa dokter ada yang memakai klip penutup hidung yang dibuat dari bahan yang lembut juga lentur supaya mencegah udara keluar lewat hidung pasien. Mesin spirometer juga dapat dilengkapi dengan corong khusus guna menyaring nafas pasien atau orang yang diperiksa dan untuk mencegah tersebarnya mikroorganisme.

Adakah Kemungkinan Komplikasi dan Risiko pada spirometri? Umumnya, tes spirometri ini dijamin aman. Memang ada beberapa pasien yang mengalami sesak napas singkat atau pusing setelah pemeriksaan selesai dilakukan, namun hal ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Pasien yang baru saja menderita serangan jantung atau kondisi yang berhubungan dengan masalah jantung tidak dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan spirometri karena dalam tes-nya akan memerlukan tekanan udara di dada yang cukup kuat, dimana hal ini akan berbahaya untuk penderita penyakit jantung.

Alat Penyedot Dahak Suction Pump

Suction Pump adalah sebuah alat kesehatan yang penting di Rumah Sakit dan Klinik. Fungsi alat ini adalah untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh manusia dengan cara disedot atau dihisap. Alat ini digunakan juga pada saat operasi, ketika terdapat darah yang keluar begitu banyak. Akan dibersihkan atau diambil menggunakan alat suction pump ini. Simak artikel ini jika anda ingin mengetahui suction pump selengkapnya.

Suction Pump 1

Suction termasuk alat kesehatan yaitu sebuah aparatus, instrument, mesin atau implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit dan memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk struktur dan fungsi jaringan tubuh.

Suction pump termasuk ke dalam alat kesehatan yang berfungsi untuk meringankan penyakit dan memulihkan kesehatan. Cairan yang tidak berguna oleh tubuh yang dihasilkan dari infeksi yang mengumpul di dalam tubuh harus dikeluarkan salah satunya dengan menggunakan alat ini.

Selanjutnya akan saya berikan contoh suction pump yang banyak dipakai di Rumah Sakit dan pusat pelayanan kesehatan lainnya yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh manusia.

Suction Pump Portable DY 1A

Salah satu jenis Suction Pump yang banyak dipakai karena kemudahan nya adalah seri ini. DY 1A merupakan salah jenis suction pump portable yang memiliki keunggulan desain yang simple, ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. Namun alat ini memiliki keterbatasan daya hisap, yaitu dengan kapasitas tabung kecil dan tekanan yang rendah.

Namun jenis alat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti menghisap cairan dalam lambung, usus, dada dan saluran pernapasan. harga alat ini relatif murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Anda bisa mendapatkan alat ini di distributor alat kesehatan yang jual suction pump portable dengan harga terjangkau.

Pemeliharaan Alat Suction Pump

Suction pump merupakan alat kesehatan unit yang bisa berkali – kali dipakai dan bergantian antara pasien yang satu dengan yang lainnya. Untuk pemeliharaan alat suction pump bisa dengan lakukan hal berikut :

  • Bersihkan tabung dan selang setiap selesai memakai alat suction pump ini. Dibersihkan dengan desinfectan agar steril
  • Cek kondisi monitor dan daya hisap apakah masih berfungsi dengan baik. Ini dapat dilakukan seminggu sekali
  • Cek mesin kompresor suction pump, apakah masih dalam kondisi baik atau sudah mulai lemah.

Mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Bagi anda yang membutuhkan alat – alat kesehatan seperti alat Suction Pump ini. Anda bisa kunjungi website www.gloryamedica.com. Distributor alat kesehatan resmi yang menjual berbagai jenis alat – alat kesehatan dan hospital furniture. Sekian dan terimakasih.